Sebuah Pendekatan Sistem Pelayanan Kesehatan

Kata kunci

Input Sumber daya yang dibutuhkan oleh sistem.

Hasil Perubahan status sebagai akibat dari sistem proses (dalam konteks pelayanan kesehatan, perubahan status kesehatan sebagai akibat dari perawatan).

Keluaran Kombinasi proses dan hasil yang merupakan produksi total dari suatu sistem.
Proses Penggunaan sumber daya atau aktivitas dalam suatu sistem.

Sistem model seluruh badan, yang mencerminkan hubungan antara unsur-unsurnya pada berbagai tingkat kompleksitas.

Apa Itu Pelayanan Kesehatan ?

Pelayanan kesehatan merupakan semua kegiatan yang dilakukan untuk alasan kesehatan memiliki kebijakan luas yang mempengaruhi lingkungan, pendidikan, perumahan tidak terbatas pada layanan primer tetapi berpengaruh langsung pada kesehatan masyarakat. Pelayanan kesehatan juga mencakup kegiatan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit, pelayanan kuratif,  rehabilitasi, perawatan.

Sebuah sistem memiliki

– Tujuan atau misi

–  Suatu proses interaksi untuk pengambilan keputusan  dan dapat berefek kepada seluruh sistem

–  Sumber daya yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan

–  Beberapa jaminan yang berkesinambungan

Selanjutnya

–  Kinerjanya dapat diukur

–  Terdapat dalam sistem yang lebih luas dan atau lingkungan yang saling berinteraksi tapi dalam bidang yang terpisah

Umumnya, sebuah sistem sosial merupakan seperangkat unsur saling bergantung, yang dapat dilihat sebagai keseluruhan tujuan.Ini berarti bahwa persepsi sebuah elemen tunggal tidak dapat dilaporkan untuk memahami keseluruhan pengaturan. Misalnya,kombinasi, subsistem transportasi yang berbeda (seperti jalan, air dan transportasi udara mobilitas meningkat lebih dari satu elemen transportasi).

Memahami fenomena yang saling terkait sebagai suatu sistem memungkinkan Anda memahami hal-hal bagaimana diatur dan bagaimana keseluruhan merespon perubahan, jika salah satu dari bagian mengalami perubahan.

 Sebuah pendekatan sistem perawatan kesehatan

Ada banyak cara yang berbeda yang secara jelas menggambarkan sebuah sistem tetapi, apa pun pendekatan yang Anda pilih, anda perlu menambahkan unsur-unsur yang koheren dan bermakna. Cara pelayanan kesehatan yang disajikan dalam buku ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran Anda tentang hasil pelayanan kesehatan dan bagaimana dicapai. Pada akhirnya, tujuan dari sistem kesehatan adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu pendekatan secara keseluruhan akan menjelaskan bagaimana kesehatan mempengaruhi status kesehatan. Pendekatan yang digunakan dalam buku ini adalah:
Input          Proses          Outcomes

Input/masukan adalah sumber daya yang dibutuhkan untuk perawatan kesehatan

Proses menggambarkan penggunaan sumber daya atau aktivitas dalam sistem

Outcomes/hasil adalah perubahan dalam status kesehatan sebagai hasil dari proses.

Input. Contohnya termasuk sumber daya seperti staf, tanah, bangunan, dana, medis, obat-obatan dan pasien. Apakah anda memikirkan tentang sumber daya manusia? Ini adalah input yang paling penting karena merupakan staf yang menggunakan (atau menggunakan) semua sumber daya lain. Anda mungkin tidak memikirkan ‘pasien’ sebagai masukan, tapi tanpa mereka idak akan ada proses dan, karena anda akan lihat dalam Bab 10 dan 11, mereka memainkan peran kunci dalam produksi kesehatan.

Proses. Proses adalah kegiatan dalam sistem, contoh untuk penyelidikan dan pengobatan pasien atau rujukan pasien dan diantara fasilitas. Apakah Anda memikirkan proses terapi? Interaksi pasien staf adalah salah satu proses penting dari perawatan dan Anda akan menjelajahi lebih rinci nanti dalam buku ini.

Anda juga mungkin berpikir proses organisasi, misalnya untuk kebutuhan obat, transmisi elektronik informasi, penjatahan perawatan, cara mengumpulkan uang untuk sektor kesehatan atau membayar staf.

Hasil. Ini adalah hasil dari perawatan, yang dapat diukur dalam hal perubahan dalam kelangsungan hidup pasien atau kualitas hidup. Tapi ada banyak langkah-langkah antara mengekspresikan perubahan pasien, seperti tingkat gula darah, berat badan atau tekanan darah, dan perubahan cacat atau kemampuan fungsional, seperti mobilitas atau memori

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s