Ekologi

EKOLOGI

 

Ekologi , Oikos (rumah) & Logos (studi).  E. Haeckel (1869) merupakan Ilmu yg pelajari hubungan timbal balik makhluk hidup dgn lingkungannya. Lingkungan: semua kondisi/ kekuatan dari luar pengaruhi kehidupan & perkemb manusia terdiri atas  Lingkungan fisik  tanah, air dan udara. Lingkungan biologi binatang, tumbuhan dan mikroorganisme, lingkungan manusia, sosial, ekonomi, budaya. UU RI No 23/1997, Ekosistem: tatanan unsur ligk hidup mrp kesatuan utuh menyeluruh & saling pengaruhi dlm mbtk keseimbangan, stabilitas & produktivitas lingk hidup.

Komponen ekosistem terdiri dari kehidupan organisme, bumi/ tanah, air, atmosfer

Komponen ekologi manusia terdiri dari manusia (penduduk), daya dukung alam (lingkungan), Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), organisasi , jumlah penduduk semakin banyak, semakin banyak kekayaan alam digunakan untuk mencukupi kebutuhannya, pengolahan kekayaan alam tergantung daya dukung alam (lingkungan), pemanfaatan & pengolahan kekayaan alam memerlukan IPTEK, peranan IPTEK berkembang baik, bila penduduk punya sistem organisasi baik. Konsep ekologi kesehatan,  segala sesuatu interaksi antara lingkungan alam dan kondisi kesehatan masyarakat. Faktor alam seperti  sinar matahari, kondisi atmosfer, air & tanah à pengaruhi lingkungan masyarakat. Lingkungan terdiri dari lingkungan buatan dan lingkungan alami (dipengaruhi kondisi alam/iklim)

Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor biotik antara lain suhu, air, kelembapan, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba, dari segi trofik terdiri atas produsen, konsumen dan mikro konsumen dan pengurai.  Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan. Hubungan kesehatan dengan lingkungan dengan model ekologi yaitu hubungan faktor yang mencakup sektor lingkungan yang terdiri dari fisik, biologi dan sosial selalu berhubungan dengan sektor Host dan agent.

Homeostatis ekosistem terjaga karena keseimbangan interkasi antar komponen, transfer materi dan energi, kemampuan menahan berbagai perubahan dalam sistem. Komponen ekosistem dapat digambarkan berdasarkan jumlah organisme, kandungan energi atau berat kering setiap tingkatan trofik. Gambaran pada umumbnya dinamakan piramida ekologi. Ekologi berhungan dengan kesehatan lingkungan. Kesehatan lingkungan merupakan keseimbangan ekologi antara manusia dan lingkungannya agar terjamin keadaan sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s